tes

header ads

GURU MENULIS DAN DAPAT UANG DARI BLOGGING? MESTI KUAT SABAR ! INI CURHAT ADMIN MINIZOOSEMUT

Tampilan minizoosemut di smartphone. 
Alhamdulillah sudah ada iklannya, dari googleadsense. 
Ada traveloka, pegipegi, dan berbagai item lain 
terkait pendidikan, belajar, dan anak berkebutuhan khusus

Bikin blog, dan mendapat uang bulanan dari iklan (Google Adsense) dalam jumlah besar. Itu peluang bagi teman-teman guru nge-blogging.

Mudahkah? Kayaknya susah, tapi wajib dicoba. Ini pengalaman minizoosemut ngeblogging.

Mengembangkan diri dengan kemampuan tulis-menulis, bisa jadi salah satu ketrampilan yang sangat bermanfaat bagi rekan-rekan guru. 

Dan kini tulisan tersebut dapat dimuat dalam blog pribadi, sebagai catatan kinerja ataupun kumpulan pengetahuan yang dilalui dalam pembelajaran baik indoor di kelas, maupun pembelajaran outdoor seperti di minizoo atau saat outing kelas.  

Moment untuk membuat blog atau ngeblog, sekarang saatnya. Jumlah iklan yang berpromo di dunia maya makin hari kian banyak, dan terus mencari web/blog berkualitas seperti yang Anda buat. Salah satunya dari pialang iklan Google Adsense. Juga sedang musim promo produk, promo aplikasi startup, alias bakar uang. 

Dengan bekal 1.000 visitor blog/web perhari, Anda sudah dapat mendaftar Google Adsense. Tunggu 1-2 minggu, akan dikirimi email persetujuan oleh Adsense. 
Tapi untuk mencapai penghasilan Adsense yang memadai, atau banyak, perlu 10.000 - 20.000 visitor organik setiap hari. Artinya, web Anda memang perlu diminati banyak orang. 

Sebab, potensi mengklik iklan (dan kita manerima upah iklan) memang sangat kecil, sekitar 1 % saja dari jumlah pengunjung. 
Sebagai guru, banyak kan tips pendidikan yang bisa disharing, ya kan.. Jadi, dengan semangat berbagi di dunia pendidikan, yakin Insya Allah target 10.000 visitor itu dapat tercapai.  
Yuk teman-teman menulis hal-hal yang kita sukai dan kuasai. Mulai dengan membuat web, berupa Blog atau wordpress yang gratisan dulu. Tak perlu keluar modal. Nanti, kalau sudah ramai, ditingkatkan ke web berbayar. 

Lalu menulis tentang apa saja. Di era 4.0 ini, tiap guru yang ingin punya kompetensi dan mau menuliskannya, akan mendapat nilai tambah bagi pengembangan kariernya. 

Pertama, mencatat perjalanan ide pemikiran sebagai guru. 
Kedua, tulisan dapat dibukukan, diterbitkan dalam bentuk cetakan, atau sebagai e-book, atau sebagai referensi ataupun pelayanan jasa konsultasi mengajar.
Dan ketiga, ini rejeki dunia maya yang lagi ramai, mendapat uang iklan bulanan dari Google Adsense. 

Ketiga hal itu jua menjadi alasan dibuatnya blog 'amatiran' minizoosemut ini. 


AWAS, TAK GAMPANG DAPAT PENGHASILAN ADSENSE    


Apa benar sudah dapat income dari web-blog? Ada yang sampai putus asa, visitor tidak naik-naik malah turun, sehingga yang mengklik iklan juga sepi. 

Lantas berapa lama akan mendapat pembayaran perdana Rp. 1,3 juta dari Google Adsense? 
Tengok kisah web minizoosemut ini. Sejak ikut Adsense Oktober hingga berjalan Desember 2019 (sekitar lebih 2 bulan), total pendapatan iklannya sekitar Rp. 17.525,00. 
Ya, tujuhbelas ribu rupiah somethingIni dia datanya per 10 Des 2019: 







Bulan pertama Rp 10.739,00,-.  Bulan kedua malah turun Rp 6.786,00,-. 

Atau pendapatan perhari sekitar Rp. 250,-  (Dua ratus lima puluh rupiah. Jangan ditertawakan ya ...). Dan di Desember ini, meski pengunjung menurun, tapi tren pendapatan iklannya meningkat. 
Jujur, di dua pekan Desember 2019 ini tiap hari saya bolak-balik sebentar-bentar mengecek menu Adsense. Apa yang kurang pas? Bagaimana meningkatkannya sebisa mungkin? 

Saya bersyukur, meski baru awalan, web ini telah mendatangkan rupiah. Dan saya menyakini, kelak datang banyak pengunjung mengklik iklan, sehingga meningkat ... booommm...   


1. MULAI DENGAN MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE 


Di awal ide mengkomersilkan (monetize) blog, ketika visitor blog minizoosemut mencapai 700 an, dan stabil di angka 500 per hari. 

Terbetik ingin ikutan daftar menjadi mitra iklan Google Adsense. Siapa tahu diterima. Lalu mengirim email, dan menunggu. Sekitar seminggu lebih, datanglah jawaban: Diterima. Oh betapa senangnya. 

Kemudian Adsense memberikan perintah agar web minizoosemut disesuaikan ruang-ruang iklannya.   

Ide mengkomersialkan blog ini dari Pak Nurdin Nurfalah, guru TIK di Semut-Semut, berdasarkan pengalaman sobatnya yang sukses mandiri finansial dari aktifitas sebagai blogger.  

Kegembiraan itu membuat kami sesama guru kerap bergurau: "Siap-siap ya kita akan makan-makan. Pilih tempat makan yang enak nih, sebentar lagi habis bulan akan ada pendapatan passive income dari Google... hehehe."
Kenyataannya, pendapatan iklan merangkak sangatlah lambatnya, hingga hampir gak percaya diri. (Padahal merasa sudah menulis sesuai arahan blogger ternama seperti panduanim.net, dewaweb.id, niagahoster.com, blogodolar.com, atau neilpatel.com)

Yang kadang bikin galau sebagai yang dahulu wartawan kok tulisannya begitu-begitu saja. Belum bisa mendongkrak pengunjung, mentok di angka 500-990 visitor perhari. Bahkan hari ini cuma sekitar 250 pengunjung web.

"Gak usah risau pak. Tetap saja menulis, kan niat kita membuat tulisan bukan hanya untk mendapatkan uang dari Adsense. Tapi berbagi pengalaman dengan para guru, pendidik, dan sekolah tentang manfaat dan pengelolaan mini zoo sekolah," kata Pak Nurdin, yang bersama saya mengurusi blog ini.  

"Banyakin aja pak tulisannya. Isinya memberi pengalaman, cara melakukan, atau yang bermanfaat bagi pembaca," Pak Nurdin mencerahkan. 

"Yah pak, tulisan sudah sebanyak 104 item, bukan sedikit lho," kata saya menjawab, tapi dalam hati saja. Gak enak bila terdengar beliau, blom patah atau lemah semangat kok. Blom sampai ke situ...

Maaf beberapa waktu kemarin lambat up-date, ya karena tertanya-tanya itu, jadi lesu menulis. Waktu banyak habis untuk mengungkap cara perbaikan kualitas tulisan dan penampilan web. 

2. MEMPERBAIKI GAYA MENULIS 

Menulis artikel di majalah berbeda jauh dengan di web. 
Era media cetak yang berlalu, artikel yang baik memenuhi setidaknya 5 kriteria: kebaruan (novelty), besarnya dampak dan pengaruh (magnitude), ketokohan (public figure), kedekatan (proximity), dan keunikan (unique). 

Sekarang ini di dunia maya sifatnya lebih praktis, hemat waktu, dan terkadang yang disukai malahan yang sensasional, pro-kontra, judul bombastis gak sesuai isi. 
Penekanan tulisan pada panduan simpel, seperti tata-cara membuat (how-to; do-it-yourself), panduan/arahan (konsultasi), kontroversi (selebrity), barulah menyusul inspirasi, sharing ide, dan narsistik. 
Tulisan yang buruk, membohongi pembaca karena judul gak sesuai isi, apalagi meng-copy paste tulisan orang lain sebaiknya dijauhi, ini racun bagi para ksatria blogger.     

Juga, menulislah dengan penekanan isi blog pada tema yang khas atau khusus, jangan gado-gado. Sebab kalau gado-gado, tidak ada kedalaman, kurang fokus, dan jadi kurang valid datanya.

Mengisi minizoosemut.blogspot sekitar setahun terakhir, saya makin memahami bahwa peluang penulisan di web/blog masih  terbuka luas, namun harus lebih mahir, jeli, dan trampil mengolah data dan cerita. 

Sebab, tiap hari mungkin ada ribuan mungkin ratusan ribu tulisan yang muncul di jagad internet Indonesia. Persaingan yang menantang dan berat ...jika ingin tetap terlihat.

3. MEMPERBAIKI KESESUAIAN IKLAN DENGAN WEB 

Oya, Adsense juga mengajari kita cara untuk meningkatkan pendapatan iklan. Caranya, kita dapat memblokir iklan-iklan yang sekiranya kurang sesuai atau sekiranya tak sesuuai dengan segmen pembaca. 

Ada pilihan opsi dinamis, memberikan kesempatan bagi  Adsense sendiri untuk memilih menempatkan iklannya lebih leluasa dimana dan dengan ukuran berapa. 

Dan dengan mengikuti mode penataan dinamis ini, makin banyak iklan yang  dimuat oleh Adsense, dengan ukuran beragam dan jenis yang lebih beragam. 


4. MENINGKATKAN KINERJA BLOG  

Berikut pengalaman saya, dalam upaya meningkatkan kinerja blog. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang awam literasi di dunia maya.


a. Audit blog menggunakan jasa paman Neilpatel.com



NeilPatel bilang skornya 85, good, jadi saya tetap semangat. Rata-rata pengunjung 496 perhari, dan organic keyword yang sudah berkembang dengan sendirinya di mesin pencarian ada 825 item. Wah ini memang memberi semangat. 

Tapi ia memberi beberapa saran perbaikan untuk memperbaiki kecepatan user membuka blog ini, terutama yang lewat smartphone harus cepat.


b. Melihat dan memperbaiki posting yang dianggap cacat oleh Neilpatel.com.  Ini lho masalahnya yang harus diperbaiki.


Memang benar, kalau satu persatu postingan yang bermasalah itu diperbaiki, maka blog akan makin cepat larinya, terutama dibaca menggunakan smartphone/android.  

c. Memperbaiki SEO on Page. Artinya, pencarian sesama tulisan terkait di dalam blog itu sendiri. 

Pada setiap tulisan, tambahkan link ke artikel lain yang terkait. Positifnya, ini memberi informasi ke robot Google menilai blog kita spesifik, solid, dan bagus: bermain di keyword mini zoo sekolah.  

Jangan sampai Google menilai web ini sebagai web gado-gado, amburadul alis copy paste, sebab tulisan satu sama lain seperti tercerai berai. 

Blog yang solid dan jujur, akan memudahkan Google percaya, dan merekomendasikan Adsense masuk.  (Dan terbukti memang mau... hehehe)

d. Memenangkan kata kunci (keyword) "mini zoo sekolah" di layar pertama. 

Sedari awal disadari, taklah banyak pembaca (guru, orangtua, siswa, manajemen sekolah) yang tertarik tentang topik mini zoo sekolah. 

Namun, meyakini topik ini cukup penting, maka dibuatlah minizoosemut.blogspot.com sebagai upaya untuk sharing informasi tentang pengalaman mendirikan dan merawat sebuah mini zoo sekolah yang sederhana. Semoga menjadi inspirasi bagi banyak sekolah di Indonesia. 

Caranya, jangan kelupaan menamai kata keyword ini, baik dalam tulisan maupun foto, minimal 1 kali per-artikel.
Juga memuatnya dalam deskripsi penelusuran; dalam "Image Properties" foto, pada title foto atau pada alt tex 

Lumayan, jika klik keyword "mini zoo sekolah", blog ini ada di halaman pertama Google.com atau paling atas.  Begitu juga dengan beberapa keyword lain yang menyertai. 


5. KETEMU RAHASIA MENULIS DI BLOG ATAU WEBSITE                                       

Ini memang bergurunya paling pas di web Panduanim.id, tentang panduan internet marketing. Saran-saran yang diperoleh antara lain: 

a. Tulisan yang panjang. Menulislah tulisan panjang, dengan ukuran lebih dari 500 kata. Google akan menilai kredibilitas blog dari tulisan ini. Harus original, tidak copy paste, dan unik belum ada di web sebelumnya. 

Saya mencoba menulis sekitar 1000 kata per artikel (termasuk di tulisan ini). Menulis panjang bukan berarti berpanjang-panjang, tapi mengembangkan berbagai ide tulisan yang memperjelas. 

b. Artikel PILAR

Nah ini yang paling top. Artikel PILAR, artikel yang menjadi tiang penopang website, yaitu yang sangat-sangat diminati pembaca. Ini guna tetap selalu menarik pengunjung. 

Menulis dengan kualitas tinggi, kaya data, sehingga pengunjung puas dan akan kembali lagi. 

Kesemua point a dan b di atas, akan membuat pembaca bertahan lama di blog kita, istilahnya bounce ratio. Jika angka bounce ratio rendah, berarti pembaca betah berlama-lama, sehingga Google menilai blog ini berkualitas. 

Upayakan membuat artikel-artikel berkelas Pilar ini, sehingga blog kita menjadi rujukan bagi teman-teman. Bahkan akan bertahan meski sudah lama tidak upload, karena tetap ada pengunjung baru yang perlu mencari informasi di web kita. 

c. Juga saran penulisan dari Neil Pattel tentang 4U, yang juga dijelaskan oleh Bloggodolar. Yaitu: Useful, Unique, Ultra-spesific, dan Urgent  

Buatlah tulisan yang bermanfaat (Useful) bagi pembaca, sehingga dapat menambah informasi, pengetahuan, dan ketrampilan bahkan lebih baik kalau dapat disebarluaskan  atau digetoktularkan.  

Lebih baik lagi kalau tema atau topik yang khas (Unique), yang tidak banyak ditulis orang. Kalaupun sudah banyak ditulis, maka dipilih sudut penulisan yang jarang ditulis. 

Misalnya, tentang satwa (merawat, menternakkan, atau sebagai hewan hobi) telah banyak ditulis banyak. Namun di blog ini, sudut penulisannya adalah interaksi antara satwa dan siswa, dan manfaatnya bagi pembelajaran anak.

Alangkah lebih baik kalau tulisannya memang fokus dan sangat fokus  (Ultra-spesifik), jadi tidak melenceng ke topik-topik yang lain, dan pembahasannya pun jadi bisa lebih mendalam. Pembaca akan dapat pencerahan atau inspirasi yang lebih. 

Yang terakhir, kata Neil Patel, tulisan sebaiknya harus memiliki sense of Urgency, kemendesakan. Artinya, kalau menarik harus segera (mendesak) dibaca sampai habis, sebab sangat diperlukan informasi itu untuk keperluan pembaca. Jangan sampai kelewatan. Sehingga pembaca dapat berlama-lama menelaah tulisan dan mampir di blog Anda, dan ini berarti kesempatan untuk meraih pendapatan iklan Adsense lebih banyak. 

Harus saya akui, dalam perjalanan mencari data di internet, seringkali kita tidak menemukan informasi yang mendalam, bahkan banyak yang copy-paste dari web-web lain. Ayo kita tingkatkan mutu literasi digital di web-web kita.  

d. Memperhatikan saran Neipatel tentang cara menuliskan judul yang kuat
Neil Patel juga menyarankan penulisan judul-judul yang menarik. Tentu ini perlu latihan, sebab pengalaman akan menjadi guru yang terbaik. 

Selain kita memikirkan tentang resume isi tulisan yang diangkat sebagai judul, kita pun harus memikirkan kebutuhan pembaca di dunia digital yang perilaku membacanya semakin cepat dan terburu-buru. Kalau judul tidak menarik, dia akan segera pergi, begitu saja.  


e. Mempelajari cara penulisan isi yang baik
Hindari menulis berpanjang-panjang. Gunakan penggalan-penggalan topik.  
  • i. menggunakan Heading, Subheading, dan kutipan-kutipan pada bagian yang perlu. Dengan begitu, kita tidak mengosongkan layar tulisan yang membosankan, sehingga akan membuat broken atau patahan di dalam posting yang mengganggu -- begitu kata Neilpatel.          
  • ii. Melengkapi keterangan foto, dan menambahkan title foto dan alt-text,  sehingga mesin pencari mengenali web kita dengan lebih baik dari atribut tulisan dan foto nya.    


f. Belajar mencari cara mencari ide-ide tulisan. Ketemunya ini: 50 Cara menulis di WebJadi jangan kehabisan ide, masih ada banyak model penulisan yang ditunggu pembaca net. (ini sepertinya mudah diomongkan, tapi sulit dilaksanakan). 

Setidaknya kita perlu panduan agar tulisan-tulisan tidak terlalu serupa dalam tema, lebih variatif cara penceritaannya, sambil tetap setiap pada fokus masalah. 

6. MEMPERBAIKI KODING ADSENSE yang diminta, di dalam jeroan blog nya. 

Ini diselesaikan oleh Pak Nurdin, beliau guru IT yang memang trampil utak-atik software blogspot. Kalau pake wordpress mungkin tidak perlu hal ini, sebab di blogspot tampilan menu sepertinya disederhanakan.  


7. CARI TAHU dan UTAK-ATIK IKLAN ADSENSE  

Rupanya ada menu yang menseleksi jenis iklan agar sesuai dengan konten. Saya menolak iklan busana, karena ternyata masuk busana wanita yang kurang pas dilihat oleh anak-anak. 
  • memblokir iklan yang tidak sesuai 
  • mengoptimalkan iklan tersering sebanyak 70%
  • memilih ikan yang cocok 
  • memperbaiki posisi iklan agar enak bagi pembaca, sehingga mau klik.
  • memilih umur iklan, yang 3 hari ke atas saja. 

 

8. TETAP OPTIMIS 

Terakhir, baru saja saya mendapat visual youtube yang bagus, dari Jeff Rose, seorang financial planner di Illinois, AS. Dia bercerita, sudah 9 tahun menulis di blog pribadi, semata untuk meningkatkan citra diri sebagai ahli keuangan. 

Jeff Rose
Namun, baru belakangan ia paham kalau dari tulisan yang bagus ternyata berpeluang mendapat pendapatan iklan dari Adsense. 

Diberitahu oleh rekan-rekannya sesama blogger di sana, yang telah lebih dulu mendapatkan rejeki dari monetizing webnya dengan Google Adsense.

Oleh karena tulisan-tulisannya memang bagus, dengan cepat ia menambah jumlah visitor dan meningkatkan pendapatan dari iklan Adsense. Bahkan ia dengan jeli berhasil menulis tulisan-tulisan tentang kebijakan keuangan masa depan, yang pada gilirannya membuat webnya digandrungi dan meledak jumlah pengunjungnya.Termasuk klik iklan Adsense, dan afiliasi iklan lainnya.

Kalau berkenan, ini video youtubenya Jeff Rose: Make Money from Blogging : from $ 0 to $ 1.000 per day (2018) 

Dan ternyata memang web nya Jeff Rose itu sebuah web yang kaya konten. coba dilihat di goodfinancialcents.com


pengunjungnya hampir 900 rb orang perhari, dan keywordnya begitu banyak: 460 ribu-an. 
Juga tulisannya diteruskan oleh akun web sebanyak 98 ribuan. Siip banget ya.. 


JADI BERAPA LAMA DUIT ADSENSE DARI NGE-BLOGGING TERBUKTI DAPAT?

Tergantung pengelola blog itu sendiri, begitu kata para senior blogger.
Bisa beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun, secara kosisten membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca.
Makin bermanfaat tulisan Anda, makin sering dicari pembaca. Kalau tulisan narsis, ya tentu orang malas baca...  

Ingat, di luaran sana ada ratusan ribu artikel baru di upload setiap harinya. Mampukah kita tetap berada di halaman pertama google? Perlu 5.000 – 7.000 visitor per hari, atau setidaknya 10.000 – 15.000 page view setiap hari jika ingin Adsense deras mengalir setiap bulan. Sebab persentasi pengunjung yang mengklik iklan sekitar 1-2 % saja dari jumlah pengunjung web. Waduh.... .


Blogodolar.com punya pesan begini kepada sesama penulis/blogger: "Jangan  sekali-kali berkata kepada orang lain bahwa mendapatkan penghasilan dari blog itu mudah dan dengan waktu yang singkat. Jangan berkata bohong, apalagi kepada newbie, mendingan anda sarankan mencari uang dengan cara lain. Seperti jualan onde-onde yang bisa langsung laku dan mendapatkan uang pada hari itu juga.Heheheh... 

KESIMPULAN

Semoga renungan ini memotivasi rekan guru blogger pemula, seperti saya, untuk bergiat menulis. Meninggalkan jejak di dunia maya, dan insyaallah mengembangkan pengetahuan pedagogik juga. 

Tetapkan dihati, perbaiki niat, sebagai guru blogger untuk ikut berkontribusi memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Berbagi ide, informasi, pengetahuan, pengalaman, best practice di kelas, penyelesaian masalah, dan inspirasi, serta menghibur pembaca, di ruang lingkup yang Anda tekuni. 

Maafkan jika pemahaman saya masih amat terbatas tentang bagaimana memajukan sebuah blog/website. 

Terimalah segala kekurangan tulisan ini, anggap sebagai awalan saja, untuk kita bersama-sama memasuki era literasi digital 4.0. Terima kasih. 

/IM

    

Post a Comment

1 Comments

  1. Mantul pak,,
    Ini yg pernah bapak sharing ya 4U..

    Wah .. mudah2 sy bisa belajar menulis yg baik dan benar.. juga sesuai konten alias gak melenceng kemana 😂..
    Thanks bapam sharing nya

    ReplyDelete