BERAPA LAMA TELUR IGUANA AKAN MENETAS : 60 HARI atau 90 HARI ?


telur iguana
sudah berjalan 48 hari di kotak penetasan. 
Tinggal 12 hari lagi menetas? atau masih 44 hari lagi supaya tepat 92 hari? 

Jika telur iguana menetas setelah 60 hari diperam atau ditetaskan dalam kotak inkubator, berarti 12 hari lagi telur-telur iguana dari Mini Zoo Semut akan menetas. Menyenangkan tentu... 

Tapi, harapan itu agak meragukan. 
Sebab, ada sumber info di internet yang menyatakan masa menetas dalam rentang 60 hari s/d 90 hari. Mana yang benar? 

Ada pula informasi dari beberapa peternak, menetasnya bertahap, dari 60 hari hingga seterusnya, karena usia embrio telur iguana hingga matang bisa berbeda-beda. Lho? 


Yuk kita cek ke sumber-sumber lain yang lebih kuat. Sumber Wiley Online Library dari penelitian tentang iguana asal  Panama, yang menetaskan telur iguana hijau dengan mesin tetas, hasilnya begini. Masa eram hingga penetasan telur iguana, dari percobaan sebanyak 829 butir, dengan 21 kotak pengeraman, masa telur hingga menetas rata-rata 92,1 hari, dengan kesuksesan menetas rata-rata 94,6%. 

Penelitian itu juga mencatat, saat telur akan menetas, beberapa hari sebelumnya tercium bau atau aroma yang tajam dari kotak penetasan tersebut. 


Menurut sumber Reptil Syndicate  dari Indonesia yang youtube nya menyatakan telur-telur iguana yang sudah berumur 90 hari sudah menetas, sedangkan yang berumur 85 hari sedang menunggu untuk menetas. Juga tidak masalah jika telur saat dipindahkan terbolak-balik, tidak mengurangi peluangnya menetas. 

Rupanya pengalaman dalam penetasan ini beragam, mungkin juga secara alami rentang masa telur menetas sangat tergantung pada kondisi kelembaban dan temperatur. 

Boleh jadi kalau kelembaban dan suhu lingkungan tepat, maka embrio lebih cepat matang. Jika kelembaban kurang, maka proses pematangan janin bayi iguana menjadi lebih lambat. 

Kalau ini benar, tentu unik ya.. Mungkin alam atau hukum Sunatullah dari sang pencipta, memberikan kemudahan bagi iguana untuk bisa menetas dalam berbagai waktu, melihat kondisi tempat yang berbeda-beda tergantung tempat.  Sehingga iguana tetap eksis atau hidup berkelanjutan di alam dengan baik. 

Jadi, kita tunggu menetas pada 12 hari lagi menetas, atau 44 hari lagi menurut penelitian Wiley. 

Semoga menetasnya banyak ya... (IM) 

Post a Comment

0 Comments