IGUANA HEWAN HERBIVORA. MUKA SANGAR TAPI SUKA DIELUS

Iguana hewan herbivora, bukan carnivora. Ia makan sayur dan buah. Ini dia sepasang iguana hijau koleksi Mini Zoo Semut. 


iguana koleksi mini zoo semut
Sepasang Iguana hijau. Siswa suka memegannya berlama-lama. Ia sudah jinak.
 Tuh lihat, makanannya sayur-sayuran saja. Lihat Sasa bergaya dengan iguana cowok yang besar.

iguana koleksi mini zoo semut
Iguana  suka ke kolam pasir dan berjemur. Sesekali dikeluarkan dan disemprot dimandikan. Kadang diceburrkan ke kolam, sebagai atraksi yang menyenangkan bagi anak


Mukanya kejam menakutkan, dengan sirip punggung yang tinggi berbentuk segitiga tajam. Selintas mirip biawak, atau buaya, atau komodo kecil. Air liurnya pun kadang meleleh. Ihhh,.. seram! 

Kenyataan, sebaliknya. Hewan reptil sejenis kadal asal Amerika Latin ini suka dielus, bahkan kalau sudah jinak mau duduk manja menempel di bahu. 

Kebanyakan siswa, merasa suprise ternyata iguana saat dipegang berdiam-diam diri saja, tak menggigit. Juga saat punggung dan kepalanya dielus-elus, dia merem melek kesukaan.  

Meski kebanyakan reptil lain bersifat buas pemakan hewan lain (carnivora) atau daging (seperti buaya atau komodo), atau serangga jangkrik atau ulat (seperti kadal), jenis reptil yang satu ini kok ya sukanya buah-buahan matang manis  dan sayur-sayuran terutama dedaunan hijauan.  

Ia suka dengan pepaya matang yang dipotong kecil-kecil, dan sayuran seperti  tauge, kangkung, dan dedaunan lain yang lembut dan dipotong kecil. Gigitannya pun tidak seberapa tajam karena ia tak bertaring dan tidak berbisa. Karena itu, iguana relatif aman atau cocok dipelihara di mini zoo sekolah. 

Menurut literatur, bila iguana terpaksa memakan protein hewani, seperti daging, cacing, ulat, jangkrik, maka perutnya tidak terima dan dalam jangka panjang akan jatuh sakit dan mati. 


NAMA LATINNYA IGUANA IGUANA 

Iguana memiliki nama ilmiah Iguana iguanaSepasang iguana di mini zoo sekolah merupakan kami hadiah dari seorang siswa -- Fatih kini kelas 6 SD Semut-Semut-- yang penyuka hewan (terima kasih ya.. ). 

Yang jantan berwarna orange, dan yang betina hijau. Si betina ini kelihatannya sedang hamil, dan akan bertelur.  Cirinya, perutnya terus membesar, dan kalau disenggol aktif menghindar. 

Siswa yang bermain di Mini Zoo Semut kerap bertanya, "Pak, apa iguana sudah bertelur?"  
"Belum," jawab saya, "mungkin belum waktunya, yuk kita sabar menunggu." 

Menurut literatur, iguana bertelur setahun sekali, di bulan-bulan tertentu biasanya. Sekali bertelur bisa sampai 80 butir telur, diletakkan di dalam pasir yang lembut. 

Melihat segi keunikan bentuk tubuh, iguana memang menarik minat orang untuk melihat, dan relatif cocok sebagai hewan koleksi peliharaan di mini zoo sekolah. Bermain bersama iguana dewasa, memerlukan pendampingan agar tidak tercakar atau terpukul sabetan ekornya kalau iguana jantan marah. (IM)


Post a Comment

0 Comments