SETIAP SATWA dan FlORA, PUNYA CERITA
Ada satwa endemik, artinya hewan tersebut khas hidup di suatu daerah, tidak ada di daerah lain
Ada satwa domestifikasi, artinya dahulu di impor, sekarang sudah dibudidayakan di sini sehingga seolah menjadi hewan asli Indonesia, padahal bukan
Satwa endemik misalnya kakatua jambul kuning (cacatua sulphurea), berasal dari kepulauan Madura, dan daerah Indonesia Timur seperti Maluku hingga Papua
Tanaman zodia dan mahkota dewa, itu khas dari Papua
Juga ada hewan-hewan yang dahulunya dari luar negeri
Kalkun dibawa oleh warga Belanda saat menjajah Indonesia
Aslinya dahulu, nenek moyang kalkun dibawa dari Amerika Serikat, terutama banyak dari daerah Montana
Ayam mutiara, asal leluhurnya dari benua Afrika
Di sana, ayam mutiara hidup di hutan-hutan dan mampu terbang cukup jauh
Mirip seperti ayam hutan yang hidup liar, seperti yang dapat kamu temukan di semak-semak area padang rumput taman nasional Blauran, Kabupaten Banyuwangi
PAPAN NAMA SATWA dan FAUNA
Nah, di mini zoo sekolah maupun di taman sekolah, sebaiknya selain dituliskan identitas nama hewan atau tanaman, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa latin, ada baiknya juga dilengkapi dengan nama daerah endemik atau negera leluhurnya
Jadi, siswa saat membaca informasi singkat, sudah dapat meng-asosiasikan-nya dengan daerah asalnya, baik di dalam maupun di luar negeri
Jadi, semua tanaman dan satwa di sekolah, dapat menjadi bahan diskusi atau kritisi siswa, mengundang rasa ingin tahu lebih jauh
Memang tugas sekolah adalah membangun rasa ingin tahu siswa seluas-luasnya, apapun itu, sehingga siswa dapat tumbuh mengembangkan diri, melalui minat-minatnya, seterusnya akhirnya membentuk ketrampilan-pengetahuan atau kompetensi terhadap bidang-bidang yang diminatinya
IDE UNTUK TANTANGAN SISWA
Bapak ibu guru dapat memberikan tugas tambahan pada siswa, saat melakukan eksplorasi di halaman sekolah dan di minizoo
Misal, tantangan untuk mencari asal usul daerah tempat tanaman atau satwa itu dahulu banyak berada
Sebagai tugas, siswa diminta mencari asal daerah satwa tertentu, yang berbeda-beda tiap kelompok Ada yang mencari info tentang kakatua Jambul Kuning, ada yang Ayam Mutiara, ataupun tanaman Mahkota Dewa
Siswa diminta pergi ke halaman atau minizoo sekolah, dan mencatat dari papan nama identitasnya
Setelah menemukan asal daerahnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang daerah tersebut, dan menyebutkan 1-3 jenis satwa atau tanaman endemik lainnya yang ada di wilayah tersebut
Di sini, siswa dapat memanfaatkan informasi dari buku, ataupun dari internet seperti di laman WIKIPEDIA
Di sini, baik guru maupun siswa, dapat bersama melengkapi cerita-cerita seputar daerah tertentu, dengan berfokus pada satwa atau tanaman khas nya
Senang jika kita dapat mengkisahkan sesuatu yang istimewa dari sebuah daerah
Siswa seolah diajak berjalan-jalan ke suatu tempat dan waktu, membangun imajinasi nya akan sebuah potensi sumberdaya alam yang berharga, yang patut dilestarikan atau dimanfaatkan secara bijaksana
LITERASI DAN KENDALA TEKNIS
Tentu, menjadi kerepotan bagi petugas sekolah atau tim guru, untuk menyiapkan identitas nama satwa dan tamanan dengan dilengkapi asal daerah
Dituntut kemauan untuk meningkatkan literasi tentang botani dan satwa
Namun, dengan saratnya bobot informasi di lingkungan sekolah, tentu akan menambah peluang meningkatkan pengetahuan siswa secara natural atau alami
Sebab, siswa akan bersinggungan dengan informasi tersebut setiap hari, dan secara alam bawah sadar telah merekam informasi tersebut
Bahkan bukan tak mungkin, saat bermain di halaman atau di mini zoo sekolah, siswa telah mempertanyakan dalam hati fikirannya, terhadap informasi dari papan nama satwa/tanaman yang menggoda pikirannya
Pembiasaan menggunakan atau mencari literasi tentang botani atau satwa, tentu akan melatih kebiasaan ilmiah baik bagi guru maupun siswa, yang selalu berusaha untuk merujuk informasi sebagai landasan pikir
IM
0 Comments