SELAMAT JALAN KALKUN !!!

kalkun jantan di mini zoo semut mati karena sakit
Kalkun jantan si CR-7, mati tadi pagi karena sakit. Dia sudah lesu sejak tiga hari lalu.
Dimakamkan di pojok sekolah dengan dihadiri para anak-anak yang suka bermain dengan nya.  

SELAMAT JALAN KALKUN ...!

Kematian kalkun di mini zoo sekolah membuat kami kehilangan. Ia mati setelah sakit beberapa hari. 


Sedih .... Pagi tadi kalkun kesayangan kami, yang pintar menendang bola seperti Ronaldo CR-7, mati. Beberapa hari ini dia memang lesu enggan bergerak. Sakit. 

Baru beberapa saat lalu kedua kalkun kami keluarkan dari kandang untuk berjemur. Kebetulan matahari hangat, setelah dua hari lalu hujan cukup besar. Kalau berjemur di matahari pagi yang kaya ultraviolet, diharapkan tubuh kalkun jadi segar dan kuat lagi. 

Pintu dibuka, kalkun si jantan diangkat keluar. Sedangkan yang betina melompat sendiri. Tapi tak lama setelah di luar, si jantan melompat masuk lagi ke kandang, entah kenapa. Rupanya, dia enggan meninggalkan rumah atau kandangnya.

Begitu masuk ia langsung duduk saja. Tak lama kemudian kakinya menyamping dan ia seperti rebah tertidur. Sayap-sayap mengepak sebentar, kemudian tak lama ia pun mati.

Saya dan pak Sukri, yang sehari-hari merawatnya di mini zoo sekolah, menyaksikan matinya si kalkun jantan.

Beristirahat lah dengan tenang, ya kalkun. Semua yang bernyawa itu memang akan mati. Usia kalkun jantan ini pun sudah cukup tua, enam tahun lebih. Sebab kematian kalkun karena sakit. 


membersihkan kandang kalkun setelah kematian kalkun jantan
pak Sukri segera membersihkan kandangnya 


menguburkan kalkun yang mati
Ini saat kalkun CR -7  dikuburkan. Beberapa anak melihat proses penguburannya  di pojok sekolah, di bawah kerindangan pohon kedondong. Selamat jalan kalkun, keceriaanmu bermain bola akan kami kenang....  


beberapa teman bertanya tentang  kandang yang kosong,  dan tentang  kalkun yang  baru saja mati dan dikuburkan.
Sedih ya kehilangan satwa kesayangan .... 


Segera ia dikuburkan di bawah pohon kedondong di pojok gedung SD. Beberapa teman kecil ikut menyaksikan penguburannya. 

"Kenapa dia mati pak, apa karena sering diganggu oleh teman..?".  Memang beberapa anak kadang suka mengejarnya, dan kadang mengganggunya dengan kaki seperti menendangnya. Sebagian anak mempersalahkan beberapa temannya yang kadang kurang elok berperilaku. 

Jawab saya, "Bukan, ia mati karena sakit, selain itu dia sudah cukup tua umurnya, mungkin sudah lebih dari 6 tahun. Ia mati karena sakit. " Begitu alasan saya berulang kepada beberapa siswa yang selalu menanyakan alasan atau penyebab CR-7 mati. 

Selamat jalan kalkun jantan kesayangan, si CR-7. Tidak ada lagi gerak-gerikmu yang lucu... sayap dan ekormu yang mengembang...  dan kelucuanmu mengejar teman-teman ... 

Terima kasih atas pengabdian mu menemani keseharian teman-teman kecil bermain di mini zoo Semut. 

Terima kasih atas kelucuanmu yang menggembirakan hari-hari kami di sekolah .... (IM)

Lihat juga: 



Post a Comment

0 Comments